Air terjun Kedung Kandang, inilah nama dari salah satu air terjun di Gunungkidul yang sempat beberapa waktu lalu meroket karena keindahan dan keunikannya. Bagaimana wisatawan tidak dibuat terpesona olehnya. Sesampainya di lokasi, wisatawan akan langsung disuguhi pemandangan air terjun yang mengalir dari undakan-undakan bebatuan yang terbentuk secara alami.

Air terjun Kedung Kandang terletak di Dusun Gunungbutak yang masih berada di desa Nglanggeran, kecamatan Patuk, Gunungkidul. Sehingga wisatawan tidak akan kesulitan menuju kesini karena memang masih satu lokasi dengan Embung Nglanggeran dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Untuk menuju kesini, wisatawan bisa mengambil rute Ring Road Timur-Jalan Wonosari-Bukit Bintang. Sampai di pertigaan GCD ambil arah kiri, ikuti jalur menuju Gunung Api Purba. Sebelum SMP 2 ada gapura masuk Desa Bobung, ambil kiri. Sampai di perempatan ambil kiri ke arah Nglanggeran. Ada warung mi ayam piring, masuk kiri, sekitar 200 meter ada lapangan volley untuk parkir kendaraan.

Dari tempat parkir, wisatawan masih harus berjalan sekitar 900 meter. Tapi jangan khawatir, pemandangan hijau terasering persawahan, tebing-tebing batu vulkanik, serta para petani yang sedang bercocok tanam akan menghibur selama perjalanan. Ditambah akses jalan yang masih alami sehingga benar-benar terasa seperti jelajah alam.

Kebanyakan air terjun di Gunungkidul merupakan air terjun musiman, termasuk air terjun Kedung Kandang yang cocoknya dikunjungi saat musim penghujan.

Air Terjun Kedung Kandang

Dusun Gunungbutak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul

Retribusi :

Tiket masuk : Rp 7000,-

SHARE
Previous articleAir Terjun Banyunibo
Next articleDesa Wisata Bejiharjo