Gunungkidul memang dikenal dengan wisata alamnya yang seolah tidak pernah habis. Mulai dari deretan pantai pasir putih yang cocok untuk bersantai, sampai line up goa-goa yang bisa dijadikan wisata adrenalin, yang salah satu adalah cave tubing Kalisuci.

Goa Kalisuci sendiri berada di kawasan Karst Gunungsewu yang sudah menjadi salah satu warisan alam dunia. Indonesia boleh berbangga karena wisata alam seperti kalisuci hanya ada tiga di dunia, yaitu di Mexico, Selandia Baru, dan Indonesia.

Di Kalisuci, wisatawan akan diajak menyusuri sungai bawah tanah goa kalisuci menggunakan ban pelampung atau dikenal dengan cave tubing, yaitu perpaduan caving (susur gua) dan body rafting.

Sebelum melaksanakan kegiatan, wisatawan akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai kegiatan cave tubing kalisuci. Selanjutnya akan diberikan pengarahan dan perlengkapan seperti jaket pelampung, headlamp, helm, pengaman lutut dan kaki, serta ban pelampung.

Selama perjalanan, wisatawan akan merasakan sensasi basah-basahan dengan segarnya air sungai yang jernih dan segar sambil menikmati keindahan ornamen stalagtit dan stalagmit yang mengagumkan. Ditambah aliran sungai yang meliuk-liuk, kokohnya tebing karst, dan tidak lupa jeram-jeram sungai yang menambah keseruan selama perjalanan. Kegiatan susur gua ini sendiri memakan waktu kurang lebih selama 1,5 jam dengan panjang trek sekitar 700 meter berupa tiga sungai terbuka dan 2 sungai goa.

Wisata Cave Tubing Kalisuci Gunungkidul ini berlokasi di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul atau sekitar 50 km dari Kota Yogyakarta.

Retribusi @Rp 70.000,- (min 5 pax)