Tidak banyak orang yang tau komplek wisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran ternyata juga memiliki desa wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain bisa menikmati keindahan Gunung Api dan Embung Nglanggeran, wisatawan juga bisa menikmati bagaimana rasanya hidup berbaur dengan masyarakat sekitar.

Desa Wisata Nglanggeran berada di Kecamatan Patuk, Gunungkidul dengan jarak tempuh kurang lebih 25km dari Kota Yogyakarta. Untuk menuju ke Desa Nglanggeran, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Selain menikmati keindahan dua obyek wisata utama desa nglanggeran, banyak sekali kegiatan yang wisatawan dapat lakukan. Program unggulan disini salah satunya adalah live in, yaitu wisatawan diajak untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar sembari belajar banyak hal di desa tersebut. Beberapa diantaranya belajar membatik topeng, menanam padi di sawah, ikut kegiatan kenduri, membuat kerajinan janur kelapa, belajar kesenian tradisional seperti Reog dan Jathilan, sampai belajar memasak makanan lokal.

Untuk akomodasi di desa Nglanggeran sudah sangat lengkap. Pengelola menyediakan penginapan maupun homestay untuk bermalam disini. Kegiatan lain yang menarik dari desa ini adalah adanya fasilitas tambahan seperti Outbond, Flying Fox, Camping Area, Panjat Tebing dan kegiatan Trekking.

Desa Wisata Nglanggeran

Sekretariat: Kalisong, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862

Telepon : 081802606050