Ingin berburu barang kerajinan unik? Cobalah untuk menjelajah Kabupaten Bantul. Bantul sejak dulu memang terkenal dengan sentra berbagai kerajinannya yang unik, sebut saja kerajinan kulit di Desa Manding, kerajinan gerabah di Kasongan, dan kerajinan batik kayu di Desa Krebet.

Mungkin masih banyak yang belum pernah mendengar mengenai batik kayu. Media yang digunakan untuk membatik lazimnya berupaka kain, namun di Desa Krebet justru media yang digunakan untuk membatik berupa kayu.

Desa Krebet secara administratif berada di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, atau sekitar 12 km dari Kota Yogyakarta. Lokasi desa Krebet bersebelahan dengan Goa Selarong, sebuah goa yang menjadi saksi bisu perjuangan Pangeran Dipenogoro.

Kayu yang digunakan untuk media membatik yaitu kayu mahoni, klepu, dan sengon yang memang masih banyak tersedia di wilayah Bantul. Beberapa hasil kerajinan batik kayu antara lain topeng batik kayu, wayang, patung, bingkai cermin, gantungan kunci, dan beberapa souvenir lainnya. Harganya pun bervariasi mulai dari 1500 rupiah hingga hasil kerajinan berharga jutaan rupiah.

Saat berkunjung ke Desa Krebet, jangan lupa juga mencicipi berbagai kuliner khas tradisionalnya. Ada banyak makanan dan minuman tradisional yang bisa dicicipi disana, sebut saja gudeg manggar, tempe bacem, tape singkong, legen, wedang asem dan lainnya.

Disini juga menyediakan homestay-homestay yang bisa digunakan bagi para wisatawan yang ingin menginap dan mengenal lebih jauh kehidupan Desa Krebet. Harganya? Tentu saja sangat terjangkau dibandingkan dengan penginapan-penginapan yang ada di kota.

SHARE
Previous articlePesonna Malioboro Hotel
Next articleDesa Wisata Manding