Wisata Pantai Selatan memang sudah menjadi primadona wisata Gunungkidul, namun jika bosan bermain dengan air laut, tidak ada salahnya untuk mampir ke salah satu wahana bermain air di Sumber Ponjong Gunungkidul, yaitu Water Byur.

Dari namanya saja sudah bisa dibayangkan segarnya bermain air di daerah yang bisa dibilang minim air ini. Sumber Ponjong sendiri awalnya merupakan mata air yang biasa digunakan warga untuk keperluan sehari-hari seperti air minum, mandi, maupun untuk mengairi sawah. Namun kini, kesegaran mata air sumber ponjong sudah bisa dinikmati dalam bentuk wisata permainan air yang tentu saja tidak bisa ditolak oleh anak-anak.

Water Byur memiliki dua kolam dengan spesifikasi yang berbeda. Kolam pertama diperuntukan untuk orang dewasa dengan kedalaman mencapai 1,5 meter. Sedangkan kolam kedua memiliki kedalaman sekitar 50 cm yang diperuntukan untuk anak-anak.

Sebuah perosotan terlihat di tengah kolam untuk menambah keseruan anak-anak bermain. Begitu pun di kolam dewasa yang memiliki perosotan yang lebih menantang. Untuk keamanan, orang tua tidak perlu khawatir karena fasilitas disini sudah standar keamanan.

Jika sudah lelah bermain atau hanya ingin duduk-duduk santai sambil mengawasi anak-anak bermain, di pinggir-pinggir kolam ada beberapa saung bambu yang disediakan oleh pengelola untuk sekedar bersantai dan beristirahat.

Selain kolam renang, ada juga wahanan becak air dengan biaya Rp 5.000,00. Pengelola juga menyediakan fasilitas outbond seperti flying fox. ada juga terapi ikan dan memberi pakan ikan untuk yang ingin sekedar bersantai-santai sambil relaksasi.

Lokasi Water Byur yang berada di areal persawahan juga menjadi nilai jual lebih disini. Sembari menikmati kesegaran mata air pegunungan, pengunjung bisa sekaligus menyegarkan mata dengan hijaunya pemandangan persawahan.

Lokasi : Desa Sumber, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Jam buka : Pukul 08.00-18.00

Tiket masuk : Rp 10.000,00

SHARE
Previous articlePantai Seruni
Next articleTaman Hutan Raya Bunder