Siapa sangka, Gunungkidul yang terkenal dengan perbukitan karstnya ternyata memiliki taman hutan raya yang bisa dijadikan wisata alternative di Gunungkidul.

Taman Hutan Raya Gunungkidul atau biasa disingkat TAHURA ini berlokasi di kawasan konservasi Hutan Bunder, Pathuk, Gunungkidul. Lokasinya yang berdekatan dengan Rest Area Hutan Bunder membuat Tahura dijadikan tempat favorit berkemah oleh pecinta alam, pelajar, dan mahasiswa di Yogyakarta. Ditambah lokasinya yang strategis dan dekat dengan kota sehingga sangat mudah dijangkau.

Kawasan Tahura Bunder memiliki luas sekitar 634 Hektar dengan berbagai macam jenis flora dan fauna. Keragaman hayati disini membuat Tahura Bunder masih digunakan sebagai tempat konservasi para peneliti dari Yogyakarta maupun luar Yogyakarta.

Selain menjadi tempat konservasi dan tempat berkemah, Tahura Bunder juga merupakan kawasan penangkaran Rusa Jawa (Cervus timorensis) dengan luas sekitar 6,2 hektar. Disamping itu, disini juga terdapat Sendang Mole, sebuah tempat penyulingan minyak kayu putih berdiri sejak tahun 1980an. Ditambah Kali Oya yang mengalir di tengah Hutan Bunder yang menambah kesejukan kawasan hutan raya ini. Pemandangan dengan pepohonan tinggi menjulang juga membuat Tahura Bunder sebagai tempat prewedding yang ikonik di Jogja.

Secara administrasi, kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder terletak di Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul Provinsi D.I Yogyakarta. Yaitu di tepi jalan raya Yogya-Wonosari.

SHARE
Previous articleWater Byur Ponjong
Next articleTelaga Jonge