Kepopuleran DIY sebagai wisata all in one ternyata tidak sebatas wisata alam dan budaya saja. Siapa sangka di Kota Pelajar ini kita juga bisa menemukan wisata industry, Pabrik Gula Madukismo contohnya.

Pabrik Gula Madukismo didirikan pada tahun 1955. Pabrik yang berlokasi di Tirtonimolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta ini merupakan satu-satunya pabrik gula dan alcohol/spiritus yang ada di Yogyakarta. Awalnya pabrik ini bernama PT. Madu Baru, kemudia dibagi menjadi dua pabrik yaitu Pabrik Gula (PG) Madukismo dan Pabrik Alkohol/Spiritus (PS) Madukismo.

Sesaat setelah menjejakan kaki di Madukismo, akan langsung disambut dengan nuansa kawasan industry. Bangunan tua berukuran besar lengkap dengan halaman yang luas serta mesin-mesin kuno dan rel-rel pengangkut tebu semakin menguatkan kesan pertama itu.

Pengunjung ynag datang bisa juga merasakan atmosfer jaman dulu dengan menaiki kereta yang gerbongnya ditarik lokomotif tua bermesin diesel buatan Jerman. Kereta tersebut akan mengantarkan pengunjung ke areal pabrik melewati rel-rel tua dan perkebunan yang ada di sekitar pabrik.

Pada bulan Mei-September, pengunjung yang datang bisa langung menyaksikan proses produksi gula. Mulai dari memerah nira, mendapatkan sari gula, memurnikan nira dengan sulfitasi, menguapkan nira, kristalisasi, puteran sampai pengemasan gula.

Keluar dari kawasan pabrik gula akan ditemui Pabrik Spiritus Madukismo yang berada di barat pabrik gula. Disini pengunjung bisa melihat keseluruhan proses produksi spiritus meliputi tahap pengenceran bahan? baku,? peragian atau? fermentasi? dan penyulingan.? Spiritus? dan produk alkohol? lainnya? yang dihasilkan? oleh? pabrik ini? diolah? dari tetes tebu, hasil samping produksi gula.

Akses menuju Pabrik Gula Madukismo cukup mudah, dari Pojok Beteng Kulon (barat) lurus ke arah selatan menuju ke Jalan Bantul. Sampai di perempatan Jl. Bantul – Ring Road Selatan ambil arah kanan (barat) sekitar 1 km akan menemukan perempatan traffic light pertama, lalu ambil kiri (selatan). Pabrik gula Madukismo ada di bagian selatan setelah perempatan tersebut sekitar 200 meter.

Harga Tiket Masuk Pabrik Gula Madukismo

Harga Tiket Agro Wisata saat musim giling sebesar Rp.7.000 per orang (minimal 40 orang)

Buka Senin ? Kamis: pukul 08.00 ? 15.00 WIB

Jumat dan Sabtu : Pukul 08.00 ? 12.00 WIB

Tutup: Hari Minggu

SHARE
Previous articleBendung Tegal
Next articlePuncak Becici