Awal dibangunnya Bendung Tegal adalah sebagai saluran irigasi sawah dan mengurangi banjir dari luapan Kali Opak yang seringkali terjadi. Bendung Tegal sendiri merupakan bendungan yang dibangun di Desa Wisata Kebonagung, Imogiri, Bantul dan menjadi salah satu daya tarik desa wisata ini.

Bendung Tegal diresmikan oleh pemerintah DIY pada tahun 1997. Sedangkan potensi sebagai lokasi wisata baru dikembangkan pada tahun 2000 dan baru pada tahun 2003 ide Desa Wisata Kebonagung digulirkan.

Tren wisata alam yang ditawarkan Desa Kebonagung menjadi berkah tersendiri bagi penduduk sekitar Bendung Tegal. Pada beberapa kesempatan, pengunjungi akan disuguhi wisata air menggunakan perahu naga. Bahkan di bendungan ini sudah pernah dilaksanakan lomba perahu naga tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata DIY.

Selain wisata air menggunakan perahu naga, Bendung Tegal juga sering dijadikan tempat memancing. Air yang tenang dan suasana yang sejuk menjadikan Bendung Tegal sebagai tempat favorit para mancing mania.

Karakteristik Bendung Tegal di Sungai Opak dengan airnya yang tenang dan track yang lurus juga dimanfaatkan oleh masyarakat Tionghoa untuk merayakan acara Peh Cun. Peh Cun dalam dialek hokian sendiri merupakan perayaan yang dilakukan dengan mengadakan acara lomba perahu naga.

SHARE
Previous articleGalaxy Waterpark
Next articlePabrik Gula Madukismo