Memiliki karakteristik pantai yang sedikit berbeda dari pantai-pantai di Bantul, Pantai Baru Bantul bisa menjadi pilihan liburan bersama keluarga. Dengan keberadaan pohon cemara udang yang membuat teduh sepanjang bibir pantai cocok dijadikan lokasi piknik yang menyenangkan. Ditambah dengan pemandangan puluhan kincir angin sebagai pembangkit listrik utama di kawasan pantai tentu menambah keunikan Pantai Baru Bantul.

Dibandingkan dengan Pantai Parangtritis, Pantai Baru memang belum terlalu dikenal orang. Tapi justru inilah yang menjadi daya tarik pantai ini karena belum banyaknya orang yang mengunjungi pantai ini sehingga lebih terasa lenggang untuk berpiknik.

Pantai Baru berdekatan dengan Pantai Kuwaru dan merupakan bagian timur dari Pantai Pandansimo dengan akses parkir yang lebih mudah untuk bus-bus dan mobil berukuran besar.

Sebelum memasuki kawasan Pantai Baru, terdapat hiu tutul dan patung harimau sebagai ikon Pantai Baru. Alasan harimau dijadikan symbol Pantai Baru karena salah satu keluarga keraton pernah melakukan pertapaan dan beliu didatangi oleh penampakan seekor harimau yang sangat besar. Sampai sekarang Pantai Baru terkenal dengan sebutan Pantai Pandan (pohon pandan) dan Simo (Harimau).

Sedangkan ikon Hiu Tutul karena pada tahun 2012 terdapat hiu yang terdampar di Pantai Baru. Semenjak itu pengunjung yang datang ke Pantai Baru semakin meningkat hingga sekarang.

Selain tempatnya yang teduh, fasilitas di Pantai Baru juga sudah memadai, diantaranya toilet, mushola, warung makan, tempat parkir luas, dan beberapa hiburan seperti kolam renang mini dan penyewaan ATV.

Menuju Pantai Baru Bantul dari Kota Yogyakarta, Pojok Benteng Kulon ke selatan lurus lewat jalan Bantul – Jalan Samas sampai ketemu TPR (Tempat Pembayaran Retribusi) untuk membayar tiket masuk. Setelah melewati TPR nanti ada beberapa pantai berderet. Pantai Baru ini sejajar dengan Pantai Goa Cemara, Pantai Samas, dan Pantai Kwaru.

Tiket masuk Pantai Baru Bantul Jogja :

Untuk tiket masuk tempat wisata per orang? Rp. 4.000

Tiket Parkir Bus??? : Rp. 15.000,-

Tiket Parkir Minibus : Rp.10.000,-

Tiket Parkir Mobil? : Rp. 5000,-

Tiket Parkir Motor : Rp. 2000,-