Tiga dari lima kabupaten di Yogyakarta memiliki deretan wisata pantai selatan. Jika diperhatikan lebih jauh, ternyata ketiga kabupaten ini memiliki karakter pantainya masing-masing. Gunungkidul yang terkenal dengan pantai pasir putih dan pantai karang. Bantul dengan hamparan pasir hitam yang luas, dan Kulon progo dengan dermaga dan pemecah ombaknya.

Berbicara mengenai pantai di Bantul, sebagian besar orang hanya mengenal Pantai Parangtritis, tapi cobalah sesekali menjelajah ke bagian barat Pantai Parangtritis. Akan banyak ditemui deretan pantai yang memiliki karakteristik berbeda dengan Parangtritis, contohnya Pantai Goa Cemara.

Dari namanya sudah bisa dibayangkan akan banyak ditemui pohon cemara disini. Faktanya, Pantai Goa Cemara memang memiliki area hutan cemara yang sangat luas. Bahkan saking banyaknya pohon cemara disini sehingga membentuk seperti lorong cemara.

Pemandangan pasir pantai dengan rimbunnya pohon cemara dan sinar matahari yang mengintip dari celah-celah dedaunan menjadi daya tarik sendiri para pecinta fotografi. Bahkan tidak jarang juga pasangan calon pengantin yang mengabadikan momen prewedding mereka disini.

Selain hutan cemara, disini juga terdapat mercusuar setinggi kurang lebih 40 meter. Pengunjung bisa menaiki mercusuar ini namun dibatasi hanya dua orang per sesinya. Untuk menaiki mercusuar, pengunjung hanya membayar Rp 5000,- /2 orang saja untuk tiket masuk. Di atas mercusuar, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai-pantai di sekitar goa cemara, hamparan hutan cemara di sepanjang pinggir pantai, dan tentu saja lautan biru yang terhampar luas.

Fasilitas di Pantai Goa Cemara sudah standar seperti kamar mandi/toilet, mushola, area parkir dan warung-warung makan yang menyediakan jajanan maupun makanan berat seperti seafood dan mie lethek khas Bantul.

Secara administratif, pantai ini berada di dusun Patehan, Desa Gandingsari, kecamatan Sanden, kab Bantul, Yogyakarya. Akses menuju pantai ini pun tidak begitu sulit dengan jalan full aspal sampai di bibir pantai. Perjalanan di mulai dari Kota Yogyakarta menuju ke kota bantul sampai di perempatan palbapang, ambil kanan. Lampu merah kedua ambil kiri, lurus sampai nanti menemukan papan arah menuju ke pantai goa cemara.