Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang berbahan dasar nangka muda. Gudeg sangat mudah ditemui di penjuru Jogja baik di restoran maupun di penjual gudeg kaki lima. Bahkan pembeli bisa menemukan kuliner gudeg 24 jam, mulai dari pagi, siang, malam, sampai dini hari, penjual gudeg dapat ditemui.

Dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta sejak jaman dulu, tentu saja ada beberapa gudeg yang dikenal sebagai gudeg legenda, salah satunya adalah Gudeg Pawon. Gudeg Pawon yang dirintis oleh Ibu Prapto Widarso sudah ada sejak 1958. Gudeg Pawon sendiri memiliki arti Gudeg Dapur. Dalam artian, para pembeli yang ingin menikmati gudeg ini langsung dilayani di dapur rumah sanga pemilik warung.

Gudeg Pawon dikenal sebagai sebagai kuliner malam di Jogja. Jam operasional warung gudeg ini mulai jam 10 malam dan biasanya hanya buka selama 3 jam. Meski warung buka ketika orang lain mulai terlelap, warung ini selalu ramai oleh pembeli. Bahkan meskipun warung baru buka, antrian pembeli sudah mengular panjang. Sembari mengantri mengambil gudeg, pembeli bisa menyaksikan langsung pembuatan gudeg yang langsung dimasak di tungku saat itu juga.

Jenis gudeg yang disajikan disini adalah gudeg basah. Sama seperti warung gudeg pada umumnya, disini menyediakan lauk pendamping berupa ayam kampung dan telur. Seporsi gudeg disajikan dengan sambal krecek pedas dan bumbu areh yang terasa gurih dan manis bersama gudeg, lauk, dan nasi hangat. Benar-benar menggambarkan Jogja yang penuh rasa.

Warung Gudeg Pawon terletak di Jl. Janturan 36 – 38, Warungboto, Yogyakarta. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 22.00 – 01.00 WIB. Seporsi gudeg lengkap dengan lauknya dibanderol mulai Rp 11.000 – Rp. 25.000. Jika ingin menikmati kelezatan Gudeg Pawon ini lebih baik datang lebih awal supaya tidak antri terlalu lama dan tidak kehabisan.

SHARE
Previous articleKampung Pecinan Ketandan
Next articleMie Ayam Tumini