Pantai Pandansimo Baru

535
pantai-pandansimo
Suasana Pantai Pandansimo

Nah, ini loh ada pantai yang tak kalah indahnya yang berada di Kabupaten (Bantul), yaitu Pantai Pandansimo Baru, Dahulu Pantai Pandansimo Baru hanyalah berupa lahan pasir yang berdiri diatasnya beberapa rumah nelayan dan tempat pelelangan ikan (TPI), namun setelah dikembangkan swadaya oleh masyarakat pantai ini berubah 180 derajat menjadi tempat wisata pilihan di kota Jogjakarta. Di atas lahan pasir ini telah berdiri puluhan kios-kios kuliner khas pantai yang tertata rapi berjajar dari timur ke arah barat, selain itu terdapat pula depot-depot ikan yang siap melayani para pelancong yang bertandang ke pantai ini. Di deretan sebelah utara-pun berjejeran tempat hiburan kolam renang bagi anak serta dewasa.

Pantai Pandansimo Baru ini akan menawarkan sensasi berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Indonesia. di sini anda akan menemukan aktifitas nelayan, Pasar Ikan, lapangan sepak bola, kolam renang,? areal out bond, kemah, bermain dll. Keunikan dan sekaligus andalan dari Pantai Pandansimo adalah keberadaan kincir angin untuk sumber energi. Saat ini ada sekitar 34 kincir angin yang kekuatannya mulai dari 2,5 kw hingga 10 kw. Kincir angin ini sebagai sumber energi? listrik di sekitar objek wisata, seperti penerangan, untuk? warung-warung kuliner, pembuatan es untuk mengawetkan ikan. Kincir angin ini ada berkat rahmat Tuhan, partisipasi yang luar biasa dari masyarakat, kerjasama UGM dengan Menristek.

Energi Terbarukan Pantai Baru Pandansimo
Energi Terbarukan Pantai Baru Pandansimo

Jika anda berkunjung ke sini? maka anda akan dimanjakan dengan rindangnya pepohonan cemara. tidak ada nuansa panas di pantai ini. Selain itu pasir di pantai ini seperti pasir sungai ( lebih besar dan lembut ) pasir ini diyakini sebagai pijat urat melalui lewat telapak kaki. Pandansimo berasal dari kata pandan yang berarti pohon pandan dan simo : macan. Di pantai ini terdapat berbagai wisata tradisi, seperti? Merti Dusun, labuhan sedekah laut, dan pentas seni budaya. Disamping beberapa pesona tersebut, pantai ini juga menawarkan wisata religi seperti di Pandanpayung dan Pandansari.

Adapun harga tiket di pantai pandansimo baru yaitu:
1. Satu sepeda motor dengan 2 penumpang : Rp. 5.000,-
2. Kendaraan roda empat : Rp. 10.000

Adapun fasilitas yang di sediakan di pantai pandansimo baru yaitu:

1. Warung kuliner

2. Kolam bermain

3. Persewaan ATV

4. Area parkir yang luas

5. Kamar mandi umuj

6. Masjid

Selamat menikmati pantai Pandansimo Baru ya !

Sumber informasi : Mansyur MKP14 ( Poltekparmks )