Pantai Parangkusumo

393
labuhan-di-pantai-parangkusumo
Labuhan Hondodento

Pantai Parangkusumo merupakan salah satu pantai di kawasan Parangtritis yang dipandang keramat. Pantai Parangkusumo diyakini sebagai gerbang utama menuju Keraton Gaib Laut Selatan yang merupkaan kerajaan Ratu Laut Kidul yang menguasai Laut Selatan. Karena itu, upacara-upacara tradisi labuhan baik dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat maupun dari warga sekitar dilaksanakan di pantai ini.

Misalnya Labuhan Kraton yang digelar di Pantai Parangkusumo sebagai peringatan akan kekuasaan dan symbol ikatan antara Kraton dan penguasa Laut Selatan. Atau upacara? keagamaan misalnya Upacara Melasti yang merupakan rangkaian acara Hari Raya Nyepi yang diperingati oleh umat Hindu.

Upacara Labuhan kepada Kanjeng Ratu Kidul meru[akan ritual yang sangat penting bagi Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Konon Ratu Kidul berjanji akan melindungi Panembahan Senopati dan semua keturunannya serta Kerajaan Mataram ketika dalam keadaan sulit. Atas nasehar Ki Juru Mertani, Panembahan Senopati melakukan meditasi di Pantai Parangkusumo, sebuah pantai kecil di pesisir Pantai Selatan.

Meditasi tersebut menimbulkan kekacauan di Kerajaan Laut Selatan. Kanjeng Ratu Kidul pun mendatangi Panembahan Senopati dan mengatakan bahwa harapannya dikabulkan oleh Sang Maujud Agung. Kemudian perjanjian antara Kanjeng Ratu Kidul dan penguasa Mataram tersebut dibuat berdasarkan Babad Tanah Jawa. Hubungan Kanjeng Ratu Kidul dan raja-raja Mataram pun telah memperkokoh legitimasi budaya kepada Sultan.